"Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan orang asing atau orang yang sekedar melewati jalan (musafir)"

Sabtu, 07 April 2012

Beruntungnya sang Suami...

Hasan al-Bashri rahimahullah berkata : 
“Aku datang kepada seorang pedagang kain di Mekkah untuk membeli baju, lalu si pedagang mulai memuji-muji dagangannya dan bersumpah. Akupun meninggalkannya dan aku katakan tidaklah layak beli dari orang semacam itu. Akupun beli baju dari pedagang yang lain. Dua tahun setelah itu aku haji dan aku ketemu lagi dengan orang itu (pedagang pertama), tapi aku tidak lagi mendengarnya memuji-muji dagangannya dan bersumpah, lalu aku tanya kepadanya: “bukankah engkau orang yang dulu pernah berjumpa denganku beberapa tahun lalu?”,
ia menjawab : “iya benar”
aku tanya lagi: “apa yang membuatmu berubah seperti sekarang? Aku tidak lagi melihatmu memuji-muji dagangan dan bersumpah!”


Iapun bercerita: “dulu aku punya istri yang jika aku datang kepadanya dengan sedikit rejeki, ia meremehkannya dan jika aku datang kepadanya dengan rejeki yang banyak ia menganggapnya sedikit. Lalu Allah mewafatkan istriku tersebut, dan akupun menikah lagi dengan seorang wanita. 


Jika aku hendak pergi ke pasar, ia memegang bajuku lalu berkata: “wahai suamiku, bertaqwalah kepada Allah, jangan engkau beri makan aku melainkan dengan yang thayyib (halal), jika engkau datang kepadaku dengan sedikit rejeki, aku akan menganggapnya banyak. Dan jika engkau tidak dapat apa-apa aku akan membantumu memintal (kain).”


Subhanallah, beruntungnya seorang suami yang memiliki istri shalihah. Tidak hanya melayani tetapi sebagai pengingat suaminya agar tetap berjalan diatas jalan yang benar.


Teruntuk para istri, bersyukurlah atas pemberian suamimu meskipun itu sedikit, karna pada hakikatnya ketika engkau bersyukur kepada suamimu maka engkaupun bersyukur kepada Allah Ta'ala, begitu pula sebaliknya. Bukankah yang Memberi rizki kepadamu dan suamimu adalah Dza Yang Maha Adil?..Janganlah engkau menuntut lebih karna hal itu bisa menjerumuskan suamimu melakukan hal-hal yang dilarang Allah dan RasulNya. Betapa banyak para suami yang korupsi karna didasari tuntutan dari para istrinya. Wahai wanita muslimah relakah engkau dan anak-anakmu hidup dalam limpahan harta tapi dihasilkan dari jalan yang haram? Semangatilah suamimu dalam bekerja dan selalu ingatkan ia akan jalan yang telah ditentukan oleh Allah dan RasulNya


Ingatlah selalu bahwasanya Nabi kita yang penyayang shalallaahu 'alaihi wa sallam telah bersabda: 

“Neraka diperlihatkan kepadaku, ternyata kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita”.. Para sahabat bertanya: “Apakah karena mereka kufur kepada Allah?”, Beliau menjawab: “mereka kufur terhadap suami dan mengingkari kebaikannya. seandainya engkau berbuat baik pada salah seorang dari mereka selama satu tahun kemudian ia melihat sesuatu (yang tidak ia sukai) darimu, ia akan mengatakan: “Aku tidak pernah melihat satu kebaikanpun darimu.” (Riwayat Imam Bukhari dari sahabat Ibnu 'Abbas Radhiyallahu 'anhuma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar