"Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan orang asing atau orang yang sekedar melewati jalan (musafir)"

Selasa, 10 Juli 2012

Masih Bilang "Susah Jadi Pengusaha"???

Mayoritas lulusan di Indonesia, baik lulusan sekolah maupun Perguruan Tinggi lebih memilih mencari kerja daripada membuka lapangan kerja. Alasannya sangat klasik, membuka lapangan kerja alias jadi pengusaha itu susahnya minta ampun. Harus butuh modal yang gede, butuh keahlian, butuh banyak relasi, dan butuh-butuh yang lainnya.

Padahal saya yakin, bagi yang sudah mencoba jadi pengusaha ternyata mencari kerja itu jauh lebih susah daripada membuka lapangan kerja. Menjadi pengusaha itu ga harus kuliah, ga harus pinter, ga harus punya IPK 4.01, ga harus lulus kuliah, ga harus bisa komputer, ga harus jago bahasa inggris dan ga harus serba bisa yang lainnya seperti layaknya para pencari kerja.

Yang harus dimiliki untuk jadi pengusaha itu satu : BERANI JADI PENGUSAHA. Dah itu saja, ga butuh modal yang lain.

Koq bisa? emang usaha ga butuh modal duit apa? gimana mau usaha kuliner kalo kita ga bisa masak?

1. Modal Duit
Kata siapa modal duit merupakan modal utama jadi pengusaha? kenyataannya, banyak yang punya duit berlimpah tapi tetep takut jadi pengusaha. Justru hanya dengan modal berani, orang yang ga punya duit bisa buka usaha menggunakan duit orang lain. Carilah investor karna banyak orang punya duit tapi ga berani buka usaha. Istilahnya purdi chandra : BODOL (Berani Optimis Duit Orang Lain)

2. Butuh Keahlian
Ga perlu nunggu jadi juara masterchef indonesia untuk buka usaha kuliner. contoh sederhana, carilah tukang bubur ayam yang bubur ayamnya memang enak, datangi dia terus bilang kalo kita mau ngejualin bubur ayamnya. Kalo dari dia, 3rb, kita jual 5rb/porsi. Dengan modal berani, kita bisa jadi pengusaha bubur ayam. Istilahnya owner primagama : BOTOL (Berani Optimis Tenaga Orang Lain)

3. Butuh Relasi
Banyak yang bilang, jalin relasi dulu baru usaha. Tinggal dibalik aja, usaha dulu nanti relasinya jadi banyak.

Masih inget modal beraninya ponakanku, si nilam? kalo belum silahkan baca di note sebelumnya. Saat itu, modal ga nyampe 100rb, tapi untungnya bisa 10X lipat.

Masih bilang Susah Jadi Pengusaha?

Beranilah jadi pengusaha, kelola usahanya dengan management yang baik sehingga anda tidak perlu terjun langsung dan dengan demikian anda pun memiliki kebebasan waktu, gunakanlah kebebasan waktu itu untuk bersama keluarga, isilah kebebasan waktu itu untuk menuju jalan-jalan utama, anda gunakan untuk menghafal alquran ataupun untuk kegiatan yang lain. Mudah2an kita termasuk golongan yang telah difirmankan oleh Sang Pemberi rizki :
"laki-laki yg tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak pula oleh jual beli dari mengingat Allah, dan dari mendirikan shalat, dan dari membayar zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang dihari itu hati dan penglihatan menjadi goncang. (mereka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah Memberi balasan kepada mereka dengan balasan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan dan supaya Allah Menambah karunia kepada mereka. Dan Allah Memberi rizki kepada siapa yang dikehendakiNya tanpa batas" (An Nur : 37-38)

4 komentar:

  1. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com
    Hp:081335640101

    BalasHapus
  2. bener masbro..
    aku ra nduwe modal tapi punya kartu kredit orang lain,
    yang kita pake buat usaha,
    hasilnya sekarang sudah bisa merekrut karyawan 2 orang untuk membantu usaha saya..

    BalasHapus
  3. kepada PPOB NASIONAL, nggak logislah modal cepe bisa bisnis pulsa, tiket, dll. temenku yang jaul pulsa aja, nggak bisa, karena harus sesuai jumlah pulsa yg di jual. kalo mau jual pulsa yg 50 rb, ya modal 48-49 ribu. kalo tiket pesawat 1 juta, yang modalnya di atas 900 rb. jujur aja jgn nipu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bener tu,, gak usah nipu2 deh.

      Hapus