"Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan orang asing atau orang yang sekedar melewati jalan (musafir)"

Rabu, 17 Oktober 2012

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Alhamdulillah kita telah memasuki bulan dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender hijriah. Dibulan inilah terdapat 10 hari yang sangat diistemawakan oleh Allah dan RasulNya, yaitu 10 hari pertamanya.

Didalam alquran, Allah Ta'ala berfirman : "Demi waktu fajr, dan demi malam yang sepuluh" (al Fajr : 1-2)

Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir-semoga Allah Merahmatinya, berkata : "malam yang sepuluh maksudnya adalah sepuluh dzulhijjah. Ini adalah pendapat Abdullah bin 'Abbas, Ibnu Zubair, Mujahid dan ulama lainnya"

Dan diriwayatkan oleh Ibnu 'Abbas, semoga Allah Meridhainya dan bapaknya, Rasulullah shalallahu 'alayhi wasallam bersabda : "Tidak ada hari yang amal shalihnya lebih Allah cintai daripada amalan dihari-hari ini, yaitu sepuluh hari dibulan dzulhijjah. Para shahabat bertanya : 'Ya Rasulullah, tidak pula jihad di jalan Allah?'. Beliau menjawab : 'Tidak pula dijalan Allah, kecuali seseorang keluar berjihad dengan jiwa dan hartanya yang kemudian tidak kembali dari hal itu sedikitpun'." (Riwayat Imam Bukhari)

Mudah-mudahan kita dimudahkan oleh Allah Ta'ala untuk bisa meningkatkan amal shaleh kita selama dibulan dzulhijjah ini, terutama sepuluh hari pertamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar